EAT THAT FROG!

 EAT THAT FROG!

EAT THAT FROG!

Cara dahsyat mencapai hasil lebih banyak dengan bekerja lebih sedikit

Oleh Brian Tracy

 

Sebagian orang lebih sukses dari orang lain karena mereka bekerja dengan cara berbeda dan melakukan hal yang benar dengan cara yang benar pula. Orang-orang yang sukses, bahagia dan sejahtera ini memamfaatkan waktu mereka dengan cara yang  jauh lebih baik pula dibandingkan  kebanyakan orang.

 

Setelah melakukan studi lebih dari 30 tahun dan membaca ribuan buku, Brien Tracy menyarankan gagasan untuk bisa mencapai hasil yang dasyat  dengan waktu yang lebih sedikit. “Katak”  adalah symbol dari pekerjaan atau tugas yang paling penting dan besar, sesuatu yang sangat mungkin Anda tunda apabila Anda tidak melakukan sesuatu terhadapatnya. Mulailah dengan tugas yang terbesar,tersulit dan terpenting. Displinkan diri  Anda untuk mengerjakannya sampai tugas itu selesai sebeum Anda menangani tugas yang lain.

 

Kaidah makan katak ;

  1. Jika Anda harus makan katak ,makanlah katak yang paling jelek terlebih dahulu
  2. Jika Anda memang harus memakan katak hidup, tidak ada gunanya duduk dan memandanginya lama-lama

Adapun langkah yang disarankan adalah sbb

  1. Siapkan rencana harian

Dengan membat rencana harian yang tertilis Anda bsa menghemat banyak waktu dang mengurangi terbuangnya waktu untuk pekerjaan yang sia-sia.  Ada Rumus 6P yaitu “ Proper prioe planning prevent poor performance”.  Setelah membuat daftar pekerjaan harian, lanjutkan dengan daftar minngguan, bulanan dst. Selesaikan pekerjaan sesuai daftar yang telah dibuat. Ada  aturan efektifitas pribadi  10/90 yaitu menggunakan 10% waktu Anda untuk membuat perencanaan yang detail  akan menghemat 90% waktu pekerjaan Anda.

 

  1. Terapkan prinsip Pareto 80/20 untuk segala sesuatu

Prinsip ini mengatakan 20% kegiatan Anda akan menentukan 80% dari hasil yang Anda peroleh. Jadi cari 20 pekerjaan terpentingdan selesaikan itu terlebih dahulu.   Mengerjakan pekerjaan yang tidakpenting kadang sama jumlah waktunya dengan mengerjakan pekerjaanpenting.

 

  1. Pertimbangkan konsekwensinya

Kerjakan  hanya sesuatu yang memberi hasil dimasa depan. Orang-orang sukses adalah orang-orang yang punya rencana jangka panjang.  Ingat prinsip efisiensi “ Tidak pernah ada cukup waktu untuk mengerjakan suatu semua pekerjaan, tapi ada cukup waktu untuk mengerjakan yang paling penting.

 

  1. Lakukan Penundaan kreatif

Tunda pekerjaan yang bernilai rendah atau delegasikan, limpahkan dan kurangi kegiatan yang tidak banyak member kontribusi terhadap hidup Anda. Katakan tidak kepada segala sesuatu yang bukan merupakan kegiatan yang bernilai tinggi.

 

  1. Selalu  gunakan metode ABCDE

Metode ABDCE adalah metode untuk menyusun prioritas pekerjaan dari yang paling penting (A), yang seharusnya (B), menyenangkan tapi tidak punya konsekwensi  (C),  yang bisa didelegasi  (D) dan tugas yang dapat disingkirkan (E). Bila tugas penting ada beberapa, bisa dibat A1, A2, A3 dst. Selesaikan tugas paling penting terlebih dahulu.

 

  1. Terapkan hukum tiga

Tuliskan 3 tujuan hidup paling penting Anda. Tuliskan 3 tujuan bisnis dan karir Anda, tuiskan 3 tujuan keluarga terpenting, tuliskan 3 tujuan financial terpenting, tuliskan 3 tujuan kesehatanterpenting, 3 tujuan pengembangan diri terpenting dst.

Dengan manajemen waktu yang baik, anda akan menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu yang sedikit , waktu anda untuk keluarga semakin banyak, sehingga bisa menjadi penyeimbang kehidupan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *