TARGET dan PENCAPAIAN

 TARGET dan PENCAPAIAN

TARGET & PENCAPAIAN

Konon menurut info dari CEO salah satu perusahaan EPC Indonesia, bahwa 90% Proyek di dunia ini tidak sesuai target. Kalau kita Tanya mbah google (Mavenlink Blog) katamya, 70% Poyek fail ,  hanya 40% proyek IBM yang memenuhi 3 target utama (waktu, biaya & mutu) dan data statistic lain yang tidak menggembirakan. Jadi secara stastistik pencapaian umum target Proyek-proyek masih jauh dari harapan.

Di dalam dunia Konstruksi sering kita dengar pencapaian Proyek-proyek yang dikerjakan oleh Jepang, korea & china lebih cepat dari pada yang dilakukan oleh kontraktor local. Ada yang memberikan alasan kalau orang Jepang & Korea , mereka belum pulang kalau target hari tersebut belum selesai (dan hari berikutnya tetap bisa masuk di jam kerja yang ditentukan). Kalau pekerja Cina mungkin agak setengah robot, mungkin faktor gemblengan dari pemerintahnya.

Ketidakmampuan mencapai target tentu tidak akan beda jauh untuk bidang-bidang non Konstruksi seperti di program pemerintahan dan bisa juga di pencapaian target-target pribadi bangsa ini. Apalagi metode & system eksekusi Proyek Konstruksi lebih baik dari program-program pemerintah dan Proyek pribadi.

Project Management Institute (PMI)  melalui PMBOK (Project Management Body of Knowledge),  sudah memberikan arahan kepada semua Project Manager agar bisa menyelesaikan Proyek sesuai dengan target yang diberikan. Tapi implementasinya dibanyak Proyek masih jauh dari harapan. (nanti kita coba membahasnya lebih detail)

Tekait target pribadi, Napolen Hill dalam bukunya Think and Grow Rich yang merupakan hasil meneliti ratusan orang sukses (indentik dengan kaya) pada awal abad 20, memberikan kesimpulan bahwa setiap orang bisa sukses (kaya) asal melaksanakan hal-hal yang sama dengan yang dilakukan oleh oleh orang-orang sukses tersebut. Kesimpulan dan teori ini sudah diterapkan kepada ribuan orang melalui pelatihan, mentoring yang dilakukan bersama Andrew Carneige (Mentor dari Napolen Hill).  Hasil penelitian Napolen hill menjadi rujukan bagi banyak para motivator di seluruh dunia saat ini.

Jadi kita kembali kepada judul tulisan ini “Target & Pencapaian”, bahwa untuk mengerjakan agar Proyek (Konstruksi & non Konstruksi), program pemerintah dan target pribadi  untuk bisa tercapai bukan lah hal yang mudah. Perlu strategi khusus, berani membayar dengan pengorbanan yang tinggi dan tentu saja perlu pengontrolan yang rutin agar target tidak meleset.

Khusus terkait target pribadi kita sangat jarang kita membuat target yang jelas, mengontrol pencapaiannya,sehingga tanpa kita sadari waktu berjalan cepat tanpa ada pencapaian yang penting, significant dan memuaskan bagi kita. Menurut Hill, ada 6 cara agar target (uang) yang kita inginkan bisa kita capai yaitu ;

  1. Tetapkan target yang jelas (pastikan jumlah uang yang diinginkan)
  2. Putuskan apa yang Anda berikan (pengorbanan) untuk mengganti target (uang yang diinginkan)
  3. Tentukan tanggal pasti pencapaian dari target Anda
  4. Buat Rencana yang pasti
  5. Tuliskan secara jelas target (jumlah uang yang diinginkan)
  6. Bacakan pernyataan itu keras-keras sebelum tidur dan tiap Bangun pagi.

Anda setuju dan ingin mencobanya. Semoga berhasil mencapai target Anda

www.abrarinspiration.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *